Jumat, 12 Oktober 2012

MANUSIA DAN CINTA KASIH

puji syukur pertama tama saya ucapkan kepada tuhan yang maha esa karena saya mampu mengerjakan tugas ini.

berikut ini merupakan tugas softskill saya yang akan saya kerjakan dengan materi Manusia dan Cinta kasih.

semoga saja materi tugas yang saya kerjakan dapat diterima oleh ibu guru dan bermanfaat untuk pembaca.

 

A. Pengertian Cinta Kasih

Berbicara tentang cinta pasti semua orang mengenal apa itu cinta, cinta merupakan sebuah kasih sayang yang tulus dan datang dari perasaan seseorang untuk seseorang, cinta yang tulus akan membuat seseorang bahagia ataupun senang.
cinta tak hanya kita kenal dari pasangan muda mudi atau pasangan suami istri, tapi bisa juga dari bagaimana seseorang sayang serta memperhatikan seseorang dengan kasih sayang yang tulus.
misalnya saja cinta yang tulus yg diberikan orang tua terhadap anak anaknya, cinta kepada teman ataupun pasangan kita.
disini saya akan mengartikan beberapa penjelasan tentang cinta, yaitu  :
Cinta adalah sebuah emosi dan kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

Cinta adalah sesuatu yang suci, anugerah Tuhan dan sering tidak rasional. Cinta dipenuhi nuansa memaklumi dan memaafkan. Kesabaran, kesetiaan, pengertian, pemberian dan pengorbanan akan mendatangkan/menyuburkan cinta, sementara penyelewengan, egoisme, kikir dan kekasaran akan menghilangkan rasa cinta.Sayang adalah satu rasa yg tulus.bukan sekedar rela dan siap melepas seseorang yg kita cintai dan kita sayangi.tulus untuk mencintai dan sayang kpd org terkasih dgn melihat dia lebih bahagia dengan orang yg dia cintai itulah cinta yg murnim di hati kita dan cinta tak akan tumbuh jika Allah yg maha BERKUASA atas segalanya tdk menghendakinya.Cinta adalah perasaan yang timbul dimana adanya keinginan untuk saling mengerti dan memahami. Cinta merupakan anugerah terindah dari tuhan karena melalui cinta kita dapat merasakan keajaiban akan kehidupan mulai dari bahagia,sedih,sakit,menderita dll.Sayang itu hampir mendekati cinta tp banyak orang yang salah mengartikan cinta dan sayang. cinta itu terjadi karena adanya getaran hati dalam artian terjadi secara alami dan sayang terjadi karena adanya sesuatu diri diri seseorg yg bisa membuat kt menjadi sayang dengan org itu.Kalo cinta sudah pasti sayang tapi kalo sayang belum tentu cinta.Dan ketika kita mencintai seseorang kita pasti akan memberikan yg terbaik buat org itu n berusaha mencintai org itu dgn cara yg sesempurna mungkin yg bs kita lakukan.Sayang itu lebih abadi sifatnya. Ketika kita sayang dengan seseorang maka kita takut kehilangannya. Tetapi cinta bisa berubah menjadi benci. Rasa sayang membuat kita ingin memiliki dan dimiliki. Rasa cinta membuat kita ingin menguasai.

Cinta adalah membiarkan orang yang kita sayangi bahagia.. kalo kamu memang bener2 sayang ma orang itu jangan bikin dia terganggu dengan kehadiran kamu, biarkanlah dia pergi mencari kebahagiaanya sendiri apabila dia sadar kamu yang terbaik buat dia maka dia akan kembali dengan membawa kebahagiaan sejati.Rasa Sayang itu melebihi dari rasa suka,rasa cinta. tetapi kasih melibihi rasa sayang, karena kasih melebihi semua rasa itu.kasih itu panjang sabar,murah hati, dan tulus keluar dari hati.

Cinta adalah perasaan suka-menyukai karena sesuatu dalam diri orang lain yang membuat kita tertarik hati dan berkomitmen. Cinta lebih banyak mengandalkan keadaan seseorang tersebut dalam berinteraksi dengan kita. Lain kata, cinta itu bersifat pemberian yang pamrih.
ayang lebih mendekati kata Kasih (mengasihi).Sayang itu tulus,rela,dan selalu melindungi. Tak pernah padam,tak pernah redup dan tak pernah dapat tergantikan oleh apapun.

 


B. Cinta menurut ajaran Agama

Cinta merupakan anugerah dari Tuhan kepada manusia. Cinta sesuatu yang membuat manusia merasa hidupnya sangat berarti, karena mempunyai banyak orang yang mencintai kita maka akan menjadi sesuatu yang sangat berharga. Menurut ajaran agama cinta merupakan sesuatu yang suci, berharga, dan alami. Karena cinta tidak bisa direkayasa. Cinta datang kepada setiap manusia. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya. Cinta bisa kita ekspresikan kepada siapapun tanpa memandang status, drajat, maupun fisik. Cinta kepada Tuhan, Cinta kepada keluarga, Cinta kepada pasangan, cinta kepada teman, dan cinta kepada kehidupan yang kita jalani. Cinta kepada Tuhan bisa kita ekspresikan dengan cara rajin beribadah, dan selalu mengingat Tuhan dengan segala kegiatan yang kita lakukan. Cinta kepada keluarga bisa kita ekspresikan dengan selalu menyempatkan waktu berkumpul bersama keluarga untuk sekedar bercanda gurau  bersama keluarga. Cinta kepada pasangan dapat kita ekspresikan dengan selalu mendoakannya, memberinya semangat untuk menjalankan setiap kegiatan, dan berusaha untuk mengisi kekosongan dikejenuhannya, cinta kepada teman dapat kita ekspresikan dengan berbagi kepada teman kebahagiaan yang kita punya, bisa menutupi kekurangan sahabat, selalu menjaga kebersamaan dengan sahabat. Dan cinta kepada kehidupan yang kita jalani bisa diekspresikan dengan kita selalu bersyukur atas hari-hari yang kita lewati, selalu bersyukur atas berkah yang kita dapat, dan bekerja dengan rajin pekerjaan yang kita tekuni.

C. Kasih sayang

kasih sayang hal terindah yang diinginkan semua orang dalam hidupnya, seperti kasih tuhan sepanjang masa kepada umatnya yang senantiasa melindungi kita dari bahaya apapun. begitu juga kasih sayang seorang manusia terhadap sesamanya.
sejak lahir seorang manusia sudah diberikan naluri oleh sang pencipta, karena itu ketika kita mengasihi seseorang tersebut dengan tulus kita akan merasakan perasaan yang mungkin tak dapat tergambarkan oleh apapun itu. contohnya saya kasih sayang seorang orang tua terhadap anaknya.
sejenak mari kita ingat perjuangan ibu kita selama 9 bulan yang mengandung kita menjaga dengan hati hati agar kita tetap aman dalam perutnya, dan perjuangan ayah kita yang banting tulang kerja dari pagi sampai malam.
jadi teman teman mari dari sekarang kita taat pada kedua orang tua kita, kita jaga orang tua kita dengan kasih sayang yg tulus juga tentunya. dan tidak ke orang tua juga tetapi ke semua orang yang kita kenal maupun tidak kita kenal.
dan berikut ini saya akan menampilkan beberapa gambar kasih sayang seorang ibu,dan kasih sayang terhadap sesama :

           

 D. Kemesraan
Kemesraan berasal dari kata dasar 'mesra', yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan adalah hubungan akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan merupakan perwujudan kasih sayang yang telah mendalam. Cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan. Kemesraan adalah perwujudan dari cinta. Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia. Kemesraan dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan bakatnya.



E. Belas kasihan

Pengertian Belas Kasihan

Dalam cinta sesama ini dipergunakan istilah belas kasih, karena cinta disini bukan karena cakapnya, kayanya, cantiknya, pandainya, melainkan karena penderitaanya. Penderitaan ini mengandung arti luas. Mungkin tua, sakit-sakitan, yatim piatu, penyakit yang dideritanya,dan sebagainya. Perbuatan atau sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang berakhlak, manusia mempunyai potensi untuk berbelas kasihan. Masalahnya sanggupkah ia menggugah potensi belas kasihnya itu. Bila orang itu tergugah hatinya maka berarti orang berbudi dan terpujilah oleh Allah.
Belas kasih (composian)adalah kebajikan -satu di mana kapasitas emosional empati dan simpati untuk penderitaan orang lain dianggap sebagai bagian dari cinta itu sendiri, dan landasan keterkaitan sosial yang lebih besar dan humanisme-dasar ke tertinggi prinsi-prinsip dalam filsafat, masyarakat, dan kepribadian .
Ada aspek belas kasih yang menganggap dimensi kuantitatif, seperti individu belas kasih yang sering diberi milik  kedalaman,kekuatan atau gairah . Lebih kuat dari empati , merasakan umumnya menimbulkan aktif keinginan untuk meringankan penderitaan orang lain.. Hal ini sering, meskipun tidak pasti, komponen kunci dalam apa yang memanifestasikan dalam konteks sosial .Dalam etika istilah, berbagai ungkapan bawah usia yang disebut Golden Rule mewujudkan oleh implikasi prinsip kasih sayang: untuk orang lain apa yang Anda ingin mereka lakukan untuk Anda


 F. Cinta kasih erotis

Cinta erotis adalah kehausan akan penyatuan sempurna akan penyatuan dengan yang lainnya. Keinginan untuk bersatu dan berteman dengan lawan jenis, untuk menghilangkan sepi atau untuk menenangkan suatu naluri seksual. Cinta kasih dapat merangsang keinginan untuk bersatu secara seksual. Namun apabila penyatuan fisis tadi tidak dilandasi oleh cinta kasih maka hanya akan membawa pada penyatuan yang bersifat pesta pora dan sementara saja. Cinta kasih erotis, apabila benar-benar sebuah cinta sejati, mempunyai satu pendirian yaitu bahwa seseorang sungguh-sungguh mencintai dan mengasihi dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya dan menerima pribadi lawan jenisnya. Cinta ini terjadi antara dua orang anak manusia berlainan jenis, yang ingin menyatukan diri mereka untuk mengisi kekosongan hidup dan sebagai teman hidup dalam mengarungi bahtera kehidupan

Cinta kasih kesaudaraan merupakan cinta kasih antara orang-orang yang sama-sama sebanding, sedangkan cinta kasih ibu merupakan cinta kasih terhadap orang-orang yang lemah tanpa daya. Walaupun terdapat perbedaan besar antara kedua jenis tersebut, Kedua-duanya mempunyai kesamaan bahwa pada hakekatnya cinta kasih tidak terbatas kepada seseorang saja. Berlawan dengan kedua jenis cinta kasih tersebut ialah cinta kasih erotis, yaitu kehausan akan penyatuan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan dengan seseorang. Pada hakekatnya cinta  kasih tersebut bersifat bersifat ekslusif, bukan universal, dan juga barangkali merupakan bentuk cinta kasih yang paling tidak dapat dipercaya. 

 
 (http://www.ujank.web.id/Coretan-Tugas/manusia-dan-cinta-kasih.html)
Sekian dan terima kasih dari saya :)
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar